Saturday, January 8, 2011

Pengertian Metode Organisasi

PENGERTIAN METODE ORGANISASI
Istilah organisasi dapat diartikan sebagai:
Wadah: sekelompok manusia untuk saling berkerja sama
Proses : pengelompokan manusia dalam suatu kerja sama yang efisien
Sedangkan istilah metode tersebut berarti suatu tata kerja yang dapat mencapai tujuan secara efisien.
Pengertian organisasi dan metode secara lengkap adalah:
Rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan factor yang menentukan bagi hasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sah ditetapkan.
Dari pengertian tersebut terkandung beberapa maksud yaitu:
a. Organisasi dan metode merupakan Kunci atau syarat pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya
b. Organisasi dan metode penting bagi kegiatan manajemen
c. Orgnaisasi dan metode dapat memanfaatkan sumber-sumber dan waktu yang tersedia
d. Organisasi dan metode berguna dalam meningkatkan efisiensi kerja untuk mencapai tujuan
Manajemen pada hakekatnya merupakan proses kegiatan seorang pimpinan yang harus dilakukan dengan mempergunakan cara-cara pemikiran yang rasional maupun praktis untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui kerja sama dengan orang lain sebagai sumber tenaga kerja tanpa mengabaikan sumber-sumber yang lain dan waktu yang tersedia dengan cara yang setepat-tepatnya.
Kegiatan manajemen:
a. Planning, merupakan kegiatan non fisik sebelum melaksanakan kegiatan fisik
b.Organizing merupakan proses penyusunan pembagian kerja ke dalam unit-unit kerja dan fungsi-fungsinya serta penempatan mengenai orang yang menduduki fungsi-fungsi secara tepat.
c. Motivating : merupakan proses kegiatan yang harus dilakukan untuk membina dan mendorong semangat dan kerelaan kerja para pegawai
d. Controlling : merupakan rangkaian kegiatan yang harus dilakukan untuk mengadakan pengawasan, penyempurnaan dan penilaian sehingga dapat mencapai tujuan seperti yang direncanakan

Kesimpulan : metode dan organisasi sudah menjadi pasangan dalam mengerjakan sesuatu karena metode tidak dapat berdiri sendiri tanpa organisasi bergitu juga sebaliknya. Contoh saja dalam mengerjakan suatu event atau kegiatan besar maka dari situ dibutuhkanlah metode untuk merencanakan konsep acara dan metode metode lain . lalu dibutuhkan juga para pekerja di belakang acara tersebut, maka dibentuklah organisasi.

No comments:

Post a Comment